TUGAS KELOMPOK
SOFTSKILL
“ETIKA BISNIS”
Nama Anggota Kelompok :
·
Gita Ayu Puspahati (13211083)
·
Gustara Alfianda Putra (13211113)
·
Herlin Riana Sari (13211344)
·
Rizky Rudi Febriani (16211402)
·
Selvia Fauzi Saleh (16211664)
Kelas : 4EA20
FAKULTAS ILMU EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
Etika Bisnis, Tanggung
jawab Sosial Perusahaan dan Korporasi
Pemerintahan
Abstrak
Keberhasilan
bisnis modern jelas, tetapi baru-baru ada banyak perhatian dalam literatur
bisnis-dan-masyarakat dan pers umum pada apakah bisnis memenuhi peran sosial
yang bertanggung jawab. Etika bisnis, corporate social tanggung jawab dan tata
kelola perusahaan gerakan telah dikembangkan di baru-baru ini dekade sebagai
tanggapan terhadap tumbuh rasa kesalahan perusahaan. makalah ini mencoba untuk
menjelaskan mengapa tiga gerakan tampaknya belum telah dihasilkan sedikit dibentuk
resep yang diterima secara luas untuk perbaikan perilaku bisnis untuk kepuasan
"konstituen" bisnis, yaitu para pemangku kepentingan utama. Tanpa menyangkal
kegunaan salah satu dari tiga gerakan, kertas menunjukkan bahwa ada adalah
kelemahan dalam ketiga, terutama mengenai cara mereka memahami yang modern operasi
bisnis. Untuk ini pluralisme bisnis end, kode responsif praktek dan pemeriksaan
ulang dari asumsi (kondisi) dari operasi bisnis bias suka membantu.
Etika Bisnis
Etika
bisnis sebagai (sukarela) cara sadar diri dalam memandang bisnis memiliki menunjukkan
pertumbuhan utama sejak 1980-an. Secara khusus, di Amerika Serikat pada tahun
1970-an, keprihatinan sedang disuarakan dalam kaitannya dengan beberapa
perkembangan:
•
meningkatnya biaya litigasi yang melibatkan arsitek, akuntan dan lawyers
•
diskriminasi positif
•
keamanan produk (promosi misalnya Ralph Nader pada keselamatan mobil)
•
yang "Watergate" skandal
•
pemogokan sektor publik
•
isu lingkungan (misalnya Undang-Undang Kebijakan Perlindungan Lingkungan, 1969)
•
"Whistleblower" issues4
•
penyuapan perusahaan dari officials5 asing
•
bencana transportasi (misalnya Challenger pesawat ruang angkasa ledakan pada
tahun 1986)
•
ledakan tanaman (misalnya di Bhopal, India, 19846, Seveso, Italia, 1976)
Salah
satu konsekuensi dari peristiwa seperti ini
biasanya tidak disengaja, perkembangan untuk businesses adalah permintaan
untuk pembentukan kode formal praktek bisnis. Pertumbuhan kode etik perusahaan
dan etika perusahaan officers demikian didorong sebagian oleh fakta bahwa sebuah
perusahaan didenda beberapa juta dolar bisa berharap hingga diskon 95% jika
memiliki kode dan prosedur tersebut di tempat (Hagar, 1991, Vogel, 1992). Hari
ini sekitar 90 persen dari Fortune 500 perusahaan memiliki kode perusahaan
praktek dan banyak perusahaan berikan kepada karyawan mereka pedoman untuk
pengambilan keputusan etis melalui perusahaan Web sites9. Namun, Etika Bisnis
terlambat penangkapan di Eropa. Sekarang, meskipun ada perbedaan besar antara,
banyak bisnis Eropa Utara dan Selatan schools dan sebagian besar program
Amerika, etika bisnis yang dijalankan. Baru-baru ini, biasa Fitur di London
Times penilaian perusahaan diprofilkan '"etika Ekspresi ", pada skala
1 sampai 10. Perlu dicatat bahwa telah terjadi Eropa Business Ethics Network
sejak tahun 1987, dan etika konferensi yang dihadiri oleh perwakilan dari
"yang besar dan baik". Beberapa perusahaan (misalnya "Inggris
Co-operative Bank", "Beauty Tanpa Kekejaman", "The Body
Shop") telah membuat sikap etis mereka alat pemasaran utama. Beberapa contoh,
alat pemasaran mungkin berhasil digunakan :
•
"Boots Healthcare International", yang menekankan "menjaga integritas
etika organisasi dengan mengembangkan tenaga kerja yang saham nilai-nilai
perusahaan ". Menurut kampanye "etika" Boots 'harus dipertimbangkan
dalam setiap keputusan.
•
Fokus "The Body Shop" di "memutuskan bagaimana Anda akan
mengukur Anda kinerja etis ", tokoh yang sangat niatnya.
•
"Masyarakat Grosir Co-operative" aktif berusaha untuk
mengidentifikasi nya kekhawatiran pelanggan dan rantai ritel.
•
"Out of This World" berusaha untuk menyeimbangkan "pertimbangan
etis dengan terbaik Nilai".
Sifat Etika Bisnis
Tidak
ada konsensus mengenai sifat etika bisnis. Bahkan businessand- yang literatur
masyarakat menunjukkan perbedaan yang besar opinions12. Para penentang etika
bisnis berasumsi bahwa mereka memiliki alasan yang cukup untuk menolak itu.
Beberapa pandangan yang khas adalah:
-
"Etika dan bisnis tidak campuran - usaha adalah teknis, bukan suatu hal
yang etis"
-
"Adalah naif untuk berpikir bahwa bisnis akan membiarkan etika mendapatkan
di jalan membuat keuntungan"
-
"Tidak ada perusahaan etis, karena mereka semua melanggar aturan etika
dari waktu ke
waktu ".
Bisnis Etika Debat
Penanganan
sistematis nilai-nilai dari berbagai jenis, sikap etika bisnis, etika dan moral
dan perbedaan mereka semua isu yang diangkat dalam konteks debat etika bisnis.
Relativisme
adalah gagasan bahwa etika tergantung pada waktu dan tempat. Utama perspektif
dalam konteks relativisme adalah bahwa apa yang wajib dalam satu Negara atau
waktu dapat dilihat sebagai tidak bermoral di tempat lain (misalnya suap, pasar
bebas, monopoli, perbudakan; menyewa-dan-api hubungan kerja).
Subjektivisme
berkaitan dengan gagasan bahwa nilai-nilai adalah masalah individu rasa dan
preferensi. Di Obyektivisme gagasan dominan adalah bahwa setidaknya ada beberapa
nilai yang tidak tergantung pada waktu dan tempat atau keinginan individu.
Nilai-nilai ini termasuk menepati janji, berkata jujur, berbuat baik dan tidak
merugikan, memperlakukan orang seperti Anda ingin mereka memperlakukan Anda,
hanya untuk menyebutkan beberapa. Isu-isu yang diangkat dalam pendekatan yang
disebutkan di atas telah menjadi subyek perdebatan lama berjalan selama ribuan
tahun.
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Gerakan
Tanggung Jawab Sosial Perusahaan tidak baik diartikulasikan dalam Eropa,
khususnya di beberapa countries23 Mediterania. Untuk promosi Gerakan pada tahun
1995 Tanggung Jawab Sosial Perusahaan adalah jaringan Eropa diluncurkan
bertujuan "untuk membantu perusahaan untuk mencapai profitabilitas, pertumbuhan
yang berkelanjutan dan kemajuan manusia dengan menempatkan dalam arus utama
praktek bisnis. "
Corporate Social Responsibility
Perdebatan
akademis alih tanggung jawab sosial telah diluncurkan dalam neoklasik ilmu
ekonomi. Masalah utama ditangani sejak itu adalah apakah bisnis sosial kegiatan
yang bertanggung jawab membayar kembali untuk kinerja keuangan perusahaan.
sampai ke sekarang, tidak ada konsensus umum tentang masalah tersebut. Secara
khusus, neoklasik ekonom telah menyatakan bahwa tidak ada (positif) korelasi
antara Aksi filantropi dan keuntungan. Sastra klasik yang relevan pendukung
bahwa dalam jangka panjang Tanggung Jawab Sosial Perusahaan memiliki efek
positif pada bisnis performance28. Selanjutnya, di awal tahun 70-an WJ Baumol
menyatakan gagasan bahwa Tanggung Jawab Sosial Perusahaan adalah insentif yang
tepat untuk perusahaan individual, lainnya dari itu diciptakan oleh mekanisme
pasar, untuk penyediaan barang publik.
Governance Perusahaan
"Perusahaan" harus dilakukan dengan
tubuh orang terutama yang berwenang untuk bertindak sebagai individu. Sebuah perusahaan
adalah badan hukum ("fiksi hukum"). Hal ini dapat menuntut dan
menjadi digugat. Tapi ini mengangkat sejumlah masalah yang berkaitan dengan
cabang-cabang hukum lain. Arti biasa "governance" menyangkut
tindakan, cara, fakta atau fungsi pemerintahan, kekuasaan atau kontrol (Concise
Oxford Dictionary). Tidak ada keperluan teknis untuk istilah-istilah ini.
"Pemerintahan" adalah kuno kata yang telah datang untuk diterapkan,
dalam debat publik, dengan perilaku perusahaan papan. Bukan sembarang perusahaan,
tetapi untuk orang-orang besar, misalnya Perusahaan Umum Terbatas.
Asumsi dari Tiga Gerakan
Ketiga
gerakan dibahas di atas memiliki beberapa asumsi yang signifikan dalam umum.
Ini adalah asumsi top-down, asumsi ideologi bisnis dan model bisnis monokultur
asumsi.
1. Top-down
asumsi
Kode
praktek, kode etik dan operasi dan kontrol mereka dibuat oleh atau diambil atas
nama pimpinan atau direktorat organisasi yang kuat dan bisnis. Dalam beberapa
kasus, panel konsumen, dan dalam kasus lain kolektif tawar-menawar yang
menyediakan beberapa masukan oleh orang lain, tapi masukan yang jarang, jika
pernah, memungkinkan kontrol dalam tingkat apapun untuk lolos ke pihak selain
manajemen puncak. untuk sebuah sejauh, hasil ini tampaknya tak terelakkan,
karena dewan direksi atau setara mereka bertanggung jawab pada hukum bagi aspek
utama kegiatan bisnis, tetapi tampaknya ada baik kebutuhan dan ruang lingkup
untuk checks and balances yang lebih efektif.
2. Bisnis
sebagai asumsi ideology38
"Ideologi"
mengacu pada tubuh ide yang merupakan karakteristik dari kelompok, kelas atau bangsa.
Ideologi biasanya memiliki asumsi teruji bahwa penganut diharapkan untuk
menerima tanpa pertanyaan. Mereka biasanya tahan terhadap kritik dari luar. Bisnis
tidak lagi dapat melarikan diri memiliki ideologi daripada dapat melarikan diri
memiliki reputasi, namun keduanya dapat suara atau cacat, dibenarkan atau
tidak, sempit atau luas. Itu ideologi bisnis biasanya meliputi sedikit konsep
stakeholding, sedangkan kelompok penekan yang didasarkan pada konsep dalam
beberapa bentuk atau lainnya, karena juga dapat mengatakan untuk tekanan pada
pemerintah untuk menerapkan kontrol pada bisnis. ideologi dapat lebih atau
kurang inklusif.
3. Monokultur
Asumsi
Model
bisnis pada dasarnya didorong oleh pemiliknya (atau, lebih biasanya dengan Direktorat
nya) tampaknya mengarah ke monokultur, di mana bentuk-bentuk kepemilikan tidak
berkembang. Globalisasi dan gelombang privatisasi yang telah berjalan sejak
1980-an memberikan examples39, seperti halnya "tegas fleksibel" yang
datang ke mendominasi pasar tenaga kerja pada 1980-an.
Beberapa Pandangan Kritis
Tiga
gerakan yang mempromosikan etika bisnis, corporate social tanggung jawab, dan
tata kelola perusahaan masing-masing, telah dikembangkan terutama di Menanggapi
kenaikan jelas dalam kesalahan perusahaan, atau setidaknya kenaikan dalam jangkauan
dan beberapa penyebab célèbres melibatkan bisnis. Komentar kritis telah
memasukkan ketidakpuasan dengan beberapa praktek umum perusahaan multinasional
(Klein, 2000), dan dengan peristiwa tertentu dan spesifik kebijakan perusahaan
(lihat misalnya organisasi Pax Christi & Amnesty Internasional, 1998 dalam
diskusi dengan Shell, terutama dalam kaitannya dengan Shell Nigeria dan isu-isu
hak asasi manusia). Ini diskusi yang terakhir tampaknya telah membai pemahaman
setidaknya antara pihak-pihak yang bersangkutan. Grosman & Morehouse (2000)
mencatat bahwa selamanya hukum yang diberikan kepada korporasi melemahkan
insentif untuk berperilaku baik, dan kontras keabadian yang dengan sebelumnya,
izin operasi terbatas dibutuhkan sampai tahun 1880-an. Pada gagasan etika
bisnis, dan tanggung jawab sosial bisnis, Milton Friedman (1970) terkenal
mengklaim bahwa, "Tanggung jawab bisnis adalah untuk memaksimalkan
keuntungan dalam hukum. " Banyak kritikus menunjuk ke sinisme di mana
orang menganggap banyak kode berlatih, dengan alasan bahwa mereka hanya laporan
apa yang bisnis telah melakukan atau bermaksud untuk melakukan, atau dengan
alasan bahwa mereka dihormati lebih dalam pelanggaran daripada di operation.43
yang
Kekuatan dari Tiga Gerakan
•
Mereka telah meningkatkan kesadaran akan isu-isu dan telah mencari cara untuk
merespon
•
Mereka telah menjadi disusun dalam pengaturan yang koheren untuk membahas masalah
•
Banyak literatur berkembang
•
Banyak organisasi dan lembaga telah mengeluarkan "kode etik" atau
"Kode etika
"yang menetapkan norma-norma perilaku untuk bisnis, professional asosiasi, departemen
pemerintah, dan lembaga didelegasikan. Bahwa bisnis memiliki kode tersebut
tidak berarti bahwa mereka akan selalu
menghormati dalam semangat dan surat, tapi ada setidaknya kemungkinan bahwa
yang Keberadaan
akan mengerahkan tekanan yang stabil untuk hidup sesuai dengan aspirasi yang
dianut dalam Kode,
meskipun tekanan mungkin bertindak sangat lambat.
Kelemahan dari Tiga
Gerakan
•
isu pensiun, seperti mis-selling; kurangnya cakupan yang memadai dari waktu ke
waktu
•
krisis Andersen / Enron (independensi auditor / checks and balances)
•
melanjutkan kasus insider berurusan di saham dan saham
•
gaji / kinerja eksekutif (breaking jelas link)
•
aturan perdagangan dunia, yang diselenggarakan untuk memberikan keuntungan yang
tidak adil
kepada negara-negara kaya
•
distribusi miring penghargaan dan kesejahteraan dalam dan di antara
negara-negara
•
penyalahgunaan monopoli dan pasar
•
meningkatnya imbalan eksekutif untuk kegagalan, jatuh kepercayaan eksekutif,
dll
Masalah
terus sehingga tampak, setidaknya sebagian, konsekuensi dari asumsi (kondisi) dari
operasi bisnis yang dibagi oleh tiga gerakan. Untuk mengatakan ini bukan
untuk menyangkal relevansi tema yang mendominasi literatur etika bisnis,
tanggung jawab sosial perusahaan dan korporasi tata kelola. Upaya
untuk memahami motivasi individu dan pengembangan, masalah
"whistleblower" dan kesadaran, undang-undang, perusahaan etika
kebijakan, penyebaran
pengetahuan dan kode di daerah-daerah melalui simposium semua relevan.
Bahwa
masalah terus berlanjut, dalam beberapa kasus dengan peningkatan intensitas,
menunjukkan bahwa ada kelemahan
dalam cara bahwa masalah dan penyebabnya sedang dikandung.
Beberapa Cara Maju / Rekomendasi
Ide-ide
berikut ini merupakan beberapa pemikiran yang diusulkan sebagai langkah maju
untuk menghindari
perilaku bisnis ini:
•
Pluralisme dalam bentuk organisasi bisnis: Saran ini didasarkan pada gagasan bahwa bentuk
organisasi bisnis yang telah menjadi dominan bukanlah saja, atau bahkan
terlama bentuk. Sementara direksi, pada prinsipnya, bertanggung jawab untuk
menjalankan bisnis, "revolusi manajerial" memiliki panjang telah dicatat. Tidak semua
direksi memiliki pengaruh yang sama, dan perusahaan yang debat pemerintahan
menarik perhatian pada perlunya reformasi dan / atau memperkuat beberapa fungsi utama. Memang
benar bahwa ada dukungan untuk berbagai bentuk bisnis organisasi: perusahaan
lokal, usaha kecil, koperasi, dll, ia memiliki panjang telah mencatat bahwa
akses terhadap modal dan inovasi tidak sama antara perusahaan dan bentuk
lain dari perusahaan.
•
Kode Responsif praktek juga bisa membantu dalam arti bahwa mereka bias termasuk identifikasi
siapa para pemangku kepentingan dalam setiap kasus, dan apa yang mereka "Aspirasi yang
tepat" adalah. Para pemangku kepentingan dapat disertakan, bersama dengan
mereka partisipasi
aktif, dalam kode dan operasi mereka. Bagaimana apa yang disebut di atas yang "aspirasi
yang tepat" dapat ditentukan adalah masalah utama dalam dirinya sendiri, tetapi tidak akan
pernah bisa diatasi sampai lebih luas diakui.
•
Syarat perdebatan: Re-pemeriksaan asumsi (kondisi) bisnis operasi untuk
memasukkan di atas akan tepat waktu. Keunggulan teknis "Pasar" di
atas bentuk-bentuk lain dari kondisi bisnis telah dibuktikan. Namun, tidak semua yang
terjadi di "pasar" adalah hasil dari kekuatan pasar
impersonal. Ini adalah proses yang dikelola. Kritik mengklaim bahwa bisa dikelola lebih
baik, menurut prinsip-prinsip etika. Itu Kesan tetap bahwa
kritik (yang tidak semua tentu dibenarkan)
memiliki
dialihkan, bukan dijawab oleh tiga gerakan, mungkin sebagai akibat dari
asumsi yang telah diterima begitu saja, atau mungkin tidak perhatikan.
Kesimpulan dan Rekomendasi
Diskusi
tanggung jawab sosial perusahaan, tata kelola perusahaan dan etika bisnis telah
menghasilkan banyak laporan, dan menciptakan banyak jaringan organisasi yang
didedikasikan untuk peningkatan pemikiran dan praktek di daerah. di sana telah banyak penelitian
survei diberikan melalui kuesioner tentang bagaimana atas manajer melihat banyak
isu hari, dan apakah mereka berpikir bahwa kode Praktek akan berguna.
Ada banyak penelitian tentang kebiasaan membeli konsumen, dan apakah konsumen akan
membeli produk-produk baru yang diusulkan, termasuk layanan produk, dan beberapa
ditujukan kepada manajer. Meskipun
semua hal di atas, sinisme publik pada operasi kode praktek dan tata kelola perusahaan
yang jelas visible45. Dalam dunia yang tidak sempurna selalu ada kesenjangan antara
aspirasi dinyatakan dalam kode dan operasi praktis mereka, tetapi kesenjangan dapat
dikurangi dengan penelitian rinci ke dalam formasi mereka, monitoring dan penerimaan oleh
penerima manfaat yang diinginkan. Banyak proses intervensi antara aspirasi dan realitas.
Beberapa proses internal untuk usaha tertentu; lain "makan
di" pemerintah, hukum, kelompok penekan dan banyak lagi. di sana tampaknya memiliki
beberapa studi tentang bagaimana proses ini bekerja. Berikut ini bias bantuan:
•
Rekonsiliasi "teori keagenan" 46 dengan "pemangku
kepentingan" teori. Badan Teori memiliki dikembangkan untuk
memandu agen, seperti akuntan dalam membuat penilaian tentang apa yang ada
dalam kepentingan klien. Secara khusus, menciptakan tubuh yang mewakili jutaan
konsumen, karyawan atau pemasok yang penuh dengan kesulitan. Badan-badan
tersebut tampaknya tak terelakkan untuk mengembangkan norma-norma, ideologi dan prosedur pengendalian
yang mengabadikan pengaturan kontrol organisasi, sering tampak menjadi
bercerai dari niat asli ("fungsional otonomi ", sistem
informal," capture peraturan "dll), atau dari pandangan "konstituen"
yang mereka wakili.
•
Mengembangkan "Kode responsif praktek" yang menggabungkan pihak
terkait dalam persiapan,
pemantauan dan perubahan kode.
•
Tingkat pengaruh positif dan negatif dari individu. Banyak upaya telah telah dikeluarkan dalam
membuat orang menyadari konsekuensi dari tindakan mereka atau kelambanan.
Kecenderungan individu untuk berpartisipasi atau menyetujui dalam kesalahan perusahaan,
atau untuk mendapatkan keuntungan dari keuntungan yang tidak adil yang
kadang-kadang dikutip. tampaknya
kita bahwa tidak ada alasan yang baik untuk percaya bahwa kecenderungan
memiliki menjadi
lebih luas atau lebih kuat selama beberapa ribu tahun terakhir. Tapi Kesempatan telah jelas
meningkat dengan penghapusan kontrol lama yang diatur perilaku bisnis
sebelum era globalisasi, sebelum ending standar pertukaran emas
di tahun 1970 dan sebelum revolusi digital. Atas dasar ini,
memberikan kesempatan bagi para eksekutif untuk merenungkan etika aspek tindakan mereka
dapat memiliki efek hanya terbatas. Tapi ada beberapa alas an untuk menegaskan dengan
keyakinan apa yang mayoritas pemain di bidang bisnis inginkan, pemasok,
pelanggan atau karyawan, atau sebagai penerima konsekuensi operasi bisnis. Pengetahuan
lebih tentang harapan, dan bagaimana menilai legitimasi mereka akan
menjadi nilai yang besar. Ada kemungkinan bahwa harapan akan berubah menjadi
cukup sederhana. Aristoteles
mengatakan, "Kesimpulan dari argumen moral adalah tindakan”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar